Jualan Online

Review 4 Layanan Pengiriman (Kurir) COD Tanpa Harus Lewat Marketplace

Tulisan ini sebelumnya saya publish melalui facebook saya. Ini adalah ulasan saya tentang jasa pengiriman/ kurir COD yang pernah saya gunakan. Semoga bermanfaat.

Data yang saya sampaikan adalah sesuai pengalaman saya. Mungkin saja terjadi perbedaan dengan pengalaman teman-teman.

1. NinjaXpress

Website: https://www.ninjaxpress.co/

NinjaXpress cukup populer di kalangan seller COD, apalagi yang jualan di Lazada. Sekarang Shopee juga gencar promosi melalui diskon ongkir Ninja. Layanan jasa kurir Ninja saat ini fokus di Asia Tenggara.

Jangkauan Wilayah dan Kecepatan Pengiriman

Meskipun kurir baru, tapi jangkauan wilayah Ninja sudah sangat luas, seluruh Indonesia. Kecepatan pengiriman tergantung lokasi. Untuk tujuan kota besar, seringkali 1 hari sudah sampai ke alamat pembeli (kirim hari ini, besok sampai). Kiriman dengan alamat tujuan bukan kota besar bisa 2-4 harian, ke pelosok lebih lama lagi.

Pickup & Ongkir
Bisa pickup paket tanpa minimal dengan cara request pickup di NinjaVan. Ongkos kirim standar seperti JNE, TIKI, atau J&T.

Sistem Input dan Tracking/Pelacakan
Pelanggan (seller) yang menggunakan layanan COD Ninja akan mendapatkan akun ke sistem input dan tracking mereka, namanya NinjaVan. Dalam NinjaVan, kita bisa melakukan input data pesanan, request pickup, juga tracking kiriman.

Kita juga bisa menambahkan alamat pickup melalui NinjaVan ini. Misalnya kita punya gudang di 3 kota berbeda, kita bisa menambahkan 3 alamat gudang tersebut di NinjaVan.

Oiya, kita bisa membuat custom awb/no.resi saat input paket. Pelacakan bisa di web Ninja baik web utama atau melaui NinjaVan.

Pembayaran, Diskon, Biaya COD, dan Penagihan
Setiap hari Senin, Ninja akan mengirimkan data paket yang sudah diterima pada Senin-Minggu lalu. Seller harus melakukan cek dan konfirmasi atas data yang dikirim Ninja sebelum Kamis jam 10.00 pagi. lalu dana akan diteruskan ke seller pada hari Jumat. Jika seller tidak konfirmasi, dana akan ditransfer hari Selasa.

Dana yang diteruskan ke seller adalah semua yang dibayar oleh pembeli. Harga barang dan ongkir.

Diskon ongkir ninja adalah 15%. Biaya penanganan COD 3% dari nilai COD dengan minimal 5rb.

Biaya COD dan Ongkir akan ditagihkan ke seller di bulan berikutnya, biasanya pertengahan bulan.

RTS (Return to Seller)
Jika ada paket yang kembali ke seller, selain tetap harus membayar ongkir dan biaya penganganan COD, seller juga dikenakan biaya RTS 5rb.

Penanganan Masalah
Jika ada paket yang mengalami masalah, misal alamat tidak ditemukan atau pembeli susah dihubungi, maka paket akan ditahan di cabang tujuan. Seller diberitahu melalui email dan harus merespon maksimal 4 hari.

Pendaftaran
Kepada marketing cabang atau pusat.

2. POS Indonesia

Website: https://www.posindonesia.co.id/

Siapa yang tidak kenal dengan POS Indonesia? Dari ibu bapak, kakek nenek, sampai buyut kita hampir pasti tahu perusahaan plat merah ini.

Jangkauan Wilayah dan Kecepatan Pengiriman
Dengan usianya yang paling tua dibandingkan jasa kurir lain di Indonesia, hampir di semua kecamatan ada Kantor Pos. Meskipun jangkauan luas, tapi belum semuanya bisa COD.

Layanan COD POS saat ini baru bisa untuk tujuan Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, dan kota-kota besar.

Kecepatan pengiriman tergantung dengan kurir di cabang tujuan. Di daerah DIY dan sekitarnya, bisa cukup cepat 1-2 hari. Daerah lain normalnya 2-3 hari.

Pickup & Ongkir
Bisa pickup paket tanpa minimal di wilayah yang terjangkau O-Ranger, request pickup dengan menghubungi O-Ranger. Ongkir POS relatif lebih murah daripada JNE, TIKI, atau J&T.

Sistem Input dan Tracking/Pelacakan
POS mempunyai sistem yang dinamakan QOB, di sini kita bisa input paket baik COD atau NON COD. Sebenarnya selain QOB, juga ada sistem Antaran, tapi webnya tidak stabil, sepertinya memang versi awal sistem COD POS.

Pelacakan bisa bisa melalui web POS atau dashboard QOB. Tidak bisa membuat no.resi/awb sendiri.

Catatan. Saat mengemas paketan, kita harus menempelkan 2 (dua) lembar yaitu Label (bisa bikin sendiri) dan Invoice (dari sistem POS). Kalau invoice tidak kita tempel di paket, akan dianggap bukan paket COD.

Pembayaran, Diskon, Biaya COD, dan Penagihan
Setelah paket sampai ke pembeli, biasanya H+1 dana sudah masuk ke saldo POS GIRO Mobile, dompet digital milik POS. Saldo bisa langsung diambil di Kantor POS atau Indomaret (harus upgrade).

Sampai saat ini tidak ada diskon ongkir. Biaya COD flat 3rb, langsung dipotong dari saldo POS GIRO Mobile. Tidak ada tagihan oleh POS ke seller karena ongkir dibayar oleh seller di awal atau saat pengiriman.

Install POS GIRO Mobile di https://play.google.com/store/apps/details…

RTS (Return to Seller)
Sampai saat ini tidak ada biaya RTS.

Penanganan Masalah
Jika paket ada yang bermasalah, seller tidak dihubungi sama sekali. Seller harus sering-sering cek status pengiriman.

Pendaftaran
Di Kantor POS terdekat.

3. SAP Express

Website: https://sap-express.id/

Dipimpin oleh Budiyanto Darmastono, profesional berpengalaman di bidang logistik/kurir. Nama SAP Express tidak seterkenal Ninja atau POS, tapi ternyata mereka cukup eksis. Beberapa diantara yang bekerjasama dengan SAP adalah Zalora dan Sophie Paris.

Pickup & Ongkir
Bisa pickup paket tanpa minimal. Request pickup dengan menghubungi kurir atau kepala cabang. Ongkos kirim relatif lebih murah dari JNE, TIKI, atau J&T.

Jangkauan Wilayah dan Kecepatan Pengiriman
Wilayah yang dijangkau SAP cukup luas seperti Ninja. Pengiriman ke kota besar seperti Jabodetabek sering 1 hari sampai, bukan kota besar 2-3 hari, ke pelosok bisa sampai 1 minggu.

Sistem Input dan Tracking/Pelacakan
Tidak ada sistem input. Nilai COD ditulis di label. Bisa membuat custom awb/no.resi dengan barcode (lebih baik koordinasi dulu dengan kepala cabang).

Pelacakan bisa dilakukan di web utama SAP Express. Status pengiriman ditulis sangat lengkap, ini yang jadi kelebihan SAP dibanding kurir lainnya.

Catatan: Pickup harus dari cabang waktu kita mendaftar, atau di cabang lain setelah koordinasi dengan kepala cabang awal.

Pembayaran, Diskon, Biaya COD, dan Penagihan
Paket yang diterima pembeli sampai hari Rabu, dana akan ditransfer oleh SAP ke Seller pada hari Jumat. Lebih cepat dari Ninja. Data paketan dikirim ke email setiap Kamis malam.

Diskon pengiriman 15%, biaya COD 3% tanpa minimal. Tagihan ongkir dan biaya COD biasanya dikirim ke alamat seller pada bulan berikutnya, bisa pertengahan bulan sampai akhir bulan.

Catatan: dalam form kerjasama, tertulis minimal tagihan setiap bulan 250rb.

RTS (Return to Seller)
Jika ada paket yang kembali ke seller, selain tetap harus membayar ongkir dan biaya penganganan COD, seller juga dikenakan ongkir dari kota pembeli ke alamat seller (diskon 15%), di sini terasa berat.

Penanganan Masalah
Jika ada paket yang bermasalah, seller akan dihubungi oleh pihak SAP baik itu cabang tujuan atau cabang pengirim. Paket akan diproses sesuai instruksi seller.

Pendaftaran
Ke kepala cabang.

Promo Keagenan SAP Express Mulai 350rb. Mau Infonya? Klik di sini

Bisa melayani pengiriman cod tanpa marketplace

4. JET Express

Website: http://www.jetexpress.co.id/

Jika Anda adalah seller di FB, mungkin pernah dihubungi marketing JET Express? Kurir ini layak dicoba.

Pickup & Ongkir
Bisa pickup paket tanpa minimal. Request pickup bisa dengan menghubungi marketing atau input di web yang disediakan. Ongkos kirim relatif lebih murah dari JNE, TIKI, atau J&T.

Jangkauan Wilayah dan Kecepatan Pengiriman
Wilayah yang dijangkau untuk pengiriman JET hampir seluruh Indonesia. Tapi khusus layanan COD, hanya tujuan yang estimasi pengirimannya mulai 2 hari. Contoh pengiriman dari Jakarta ke Batang, estimasi pengiriman 2-4 hari, maka bisa COD. Kalau estimasi pengiriman minimalnya 3, maka tidak bisa COD. Sampai saat ini.

Pengiriman ke kota besar sering 1 hari sampai.

Sistem Input dan Tracking/Pelacakan
Pengiriman dengan JET bisa dengan input di web yang disediakan, atau tanpa input. Nilai COD ditulis di label pengiriman.

Sistem pelacakan JET cukup bagus. Saat paket sampai cabang tujuan dan siap dibawa kurir, nomor HP kurir akan ditampilkan selama 7 hari.

Pembayaran, Diskon, Biaya COD, dan Penagihan
Paket yang diterima Senin-Minggu, dana akan ditransfer ke seller pada Kamis atau Jumat. Data paketan akan dikirim ke email pada Jumat sore.

Awal bergabung tidak ada diskon, katanya bisa mengajukan review. Biaya COD 3% tanpa minimal. Tagihan dikirim pertengahan bulan sampai akhir bulan.

RTS (Return to Seller)
Tidak ada RTS, hanya ongkir pengiriman awal saja.

Penanganan Masalah
Jika ada paketan bermasalah, seller akan dihubungi oleh cabang tujuan dan marketing. Seller harus cepat merespon, kalau tidak ditanya terus.

Pendaftaran
Ke marketing.

Jika ada pertanyaan atau ingin sharing, monggo tulis di komentar atau inbox.

18 Comments to “Review 4 Layanan Pengiriman (Kurir) COD Tanpa Harus Lewat Marketplace”

    1. gigih Author

      Saat ini, secara umum urutan rekomendasi saya Ninja, SAP, POS, JET. Kalau untuk jual barang dibawah harga 50rb, lebih baik selain Ninja.

      Reply
      1. Saya jadi seller COD Ninja
        Dapat dashboard sendiri.
        Bisa buat order sendiri.
        RTS tidak mahal
        Dana COD diterima minggu ke 2 setelah barang sampai.
        Asalkan punya dana yang cukup.
        Maka jualan online via COD Ninja tidak menjadi masalah. Justru bantu tambah orderan.

        Reply
          1. telo anget

            ya bener ninja lazada khususnya, mgkin cod jg iya..
            sdh 4 paket ilang di usut ga jelas kmanaa.emg parah ninja.. taekkk…

        1. Ninja daftarnya susah ga yah?
          saya dulu pernah jualan di Lazada pickup Ninja, tapi lama2 pindah otomatis ke LEX.

          Pengen coba jualan sendiri tanpa marketplace & yg deket sih kurirnya Ninja, tapi belum tahu syaratnya kaya apa soalnya pernah ada temen yg jualan di MP juga pas mau daftar COD Ninja susah katanya, sampe sekarang ga diterima

          Reply
  1. ASAye

    Apakah selain yang di atas itu ada lagi atau tidak??semisal J&T ….apakah bisa COD tanpa market??
    Mohon jawabannya 🙏

    Reply
    1. gigih Author

      Setau saya saat ini selain 4 yg saya tulis ada JX (daftar via web), lalu Sicepat melalui clodeo, kemudian NCS melalui iPaymu. Untuk J&T dan JNE infonya sekarang sudah bisa COD tanpa marketplace. Bisa ditanyakan ke cabang J&T atau agen JNE terdekat..

      Reply
  2. Faisal

    Sy udh coba Ninja, namun kelemahan yg alama ,mimimal biaya cod nya 5rb, itu cukup berat. Dan transfer tagihan ongkir nya hanya ke bank tertentu,yg kalo beda bank dikenanakan lagi biaya admin

    Reply
  3. Pramudya Ksatria Budiman

    saya udah pake ninja, so far so good

    cuma katanya untuk rekonsiliasi kita harus bener bener jeli karena kadang ada miss antara pihak ninja & pihak kita. selisihnya bisa gede banget

    kalo ada pihak ekspedisi dengan dashboard lengkap dan sales responsif sebagus ninja, saya mau ganti deh

    Reply
  4. Carany gimana ya, apa kita lngsung datang ke pos untuk daftar nya COD , misalkn mau jual barang kita SENDIRI TNPA MARKETPLACE, ATAU SHOPE LAZDA DLL.. infonya dong.trims

    Reply
    1. gigih Author

      Iya, kalau mau pakai POS, langsung aja bilang sama orang kantor pos mau daftar layanan COD. Kurir lain beda ketentuannya, kebanyakan harus menghubungi sales mereka.

      Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

57 − 54 =

Back
Telegram
Messenger
WhatsApp